DASAR HUKUM

  1. DPA SKPD Badan Kepegawaian Daerah Prov. Kalsel Nomor 1.20.1.20.09.00.48.62.5.2 Kegiatan Pembinaan Purna Tugas PNS.
  2. Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 800.08/25-KUMKESJ.1/BKD/2016 tanggal 11 Februari 2016 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Bimbingan Teknis Pra Pensiun bagi PNS Menjelang Purna Tugas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tahun 2016.

 

Bahwa dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang psikologi purna tugas agar PNS yang akan memasuki usia pensiun siap dan mampu menghadapi perubahan dalam hidup, bagaimana memanajemen diri, dapat mengenali dan mengoptimalisasikan potensi diri serta memiliki ketahanan mental dalam menghadapi persiapan masa purna tugas. Dan dalam dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang hak dan kewajiban PNS dalam rangka memasuki masa pensiun, baik berkenaan tentang Manajemen PNS berdasarkan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014, Tatacara dan persyaratan pengajuan usul pensiun, hak dan prosedur untuk memperoleh Jaminan Sosial Kesehatan, Psikologi Purna Tugas maupun pengenalan program pembekalan keterampilan praktis untuk menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan PNS menjelang Purna Tugas.

Menyikapi beberapa hal di atas, salah satunya adalah dengan mempersiapkan dirinya dengan keterampilan khusus yang dapat dipergunakan untuk dimasa purna tugas seorang PNS tersebut. Untuk mengantisipasi adanya beberapa persoalan yang akan dihadapi oleh PNS yang memasuki Purna Tugas, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, pada hari Selasa dan Rabu tanggal 24 Februari 2016 dan 25 Februari 2016 bertempat di Aula BKD Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis Pra Pensiun bagi PNS menjelang Purna Tugas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016, yang kegiatan tersebut di hadiri 90 (sembilan puluh) orang PNS Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang akan memasuki masa Purna Tugas.

Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut menghadirkan Narasumber dari Tim Narasumber dari BKD Prov. Kalsel, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Bapak RS. DR. Radjiman Wediodiningrat dari Malang, Provinsi Jawa Timur, BPJS Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan serta dari PT. Taspen (Persero) Banjarmasin.

Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis tersebut, peserta dapat mengetahui tata cara dan prosedur penyampaian usul pensiun menyangkut hak dan kewajiban PNS, dapat mempersiapkan diri ketika memasuki masa purna tugas secara optimal dengan mengurangi dampak psikologis yang mungkin muncul, dapat membangun karakter dan semangat kewirausahaan untuk menjadi wirausahawan di masa pension serta mengetahui akan hak dan prosedur mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

 

 

Tag : #Bidang Hukum Dan Kesejahteraan Pegawai